Desa Langara Tanjung Batu Keciprat Bantuan dari BWS Sultra IV Kendari

  • Whatsapp
Pekerjaan Pembuatan Penampung Air Hujan Bantuan dari BWS Sulawesi Tenggara IV Kendari. FOTO: Janus Munandar

WAWONIINEWS.COM, KONKEP – Keseriusan Pemerintah Desa Langara Tanjung Batu, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk membangun wilayahnya tak perlu diragukan lagi.

Betapa tidak, Kepala Desa (Kades) Langara Tanjung Batu, Janus Munandar dengan semangatnya ia terus berinovasi melakukan langkah-langkah dalam membangun desanya. Ia tak hanya terpaku dengan Dana Desa (DD) saja untuk membangun desa. Tetapi kegigihan Kades ini untuk mencari anggaran turun di desanya membuahkan hasil. 

Bacaan Lainnya

Terbukti dengan turunnya bantuan pembangunan Aqulfer atau Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) yang akan menampung 20 kubik air. Bantuan paket pekerjaan ini Janus dapatkan dari Kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi Tenggara IV Kendari.

“Bantuan ABSAH ini volumenya 8×6 meter persegi yang dengan kapasitas menampung air sekitar 20 kubik. Bantuan ini dikerjaka secara swakelola sejak awal Desember, saat ini sudah tahap penyelesaian pekerjaannya,” kata Janus, Rabu (29/12/2021).

Selain desanya, Janus mengatakan bahwa bantuan serupa juga telah turun di Desa Wawo Indah Kecamatan Wawonii Barat.

“Hanya dua desa di Konkep yang dapat bantuan ini,” ujar dia tanpa menyebutkan besaran anggarannya.

Kegunaan bak penampung air hujan ini, lanjut Janus adalah untuk persediaan air bersih warga baik saat musim kemarau atau pun saat air gunung kabur di musim hujan.

“Kami di sana (desa) kan menyambung air pipa yang sumbernya dari gunung. Jadi kalau musim kemarau atau air kabur saat hujan sudahh ada antisipasi untuk persediaan air bersih warga,” timpal Janus.

Pos terkait